KULIAH UMUM KOLABORASI PBSI UNIBBA DAN PBSI UAD

Sebagai wujud implementasi kerjasama antara PBSI UNIBBA dan PBSI UAD, tepat setelah pelaksanaan penandatanganan perjanjian kerjasama dilaksanakan kuliah umum yang digagas secara kolaboratif oleh kedua pihak. Kuliah umum dengan tema “Inovasi Teknologi dan Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra di Era Edukasi 4.0 ini diselenggarakan di Amphitarium Lt.9 Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan pada Selasa, 30 Mei 2023. Kuliah umum yang dimoderatori oleh Bapak Sudaryanto, M.Pd ini menghadirkan Prof. Dr. Pujiati Suyata sebagai pemateri mewakili PBSI UAD sedangkan PBSI UNIBBA diwakili oleh Dr. Indra Nugrahayu Taufik, M.Pd.

Dalam penyampaian materinya, Dr. Indra Nugrahayu Taufik, M.Pd yang diberikan kesempatan pertama menyampaikan materi oleh moderator menyampaikan materi mengenai “Media Pembelajaran Multimodalitas Berbasis Web”. Dalam penyampaiannya, beliau mengatakan bahwa era ini menuntut pendidik untuk memiliki berbagai keterampilan penting karena kemampuan beradaptasi, kreativitas dan cakap teknologi, itu hanyalah beberapa dari kualitas luar biasa yang harus semakin kita kembangkan. Guru saat ini diharapkan mampu menerapkan lima media pembelajaran. Lima media pembelajaran tersebut berupa linguistik, audio, spasial, visual, dan gestural. Setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda, sehingga dapat melahirkan banyak mode atau modalitas. Cara mengolaborasikan semuanya dengan memasukkan ke dalam suatu web. Selanjutnya, penyimpanan materi dapat menggunakan Google classroom, edmodo, seesaw, classdojo, weebly, sites, wordpress, dan blogspot. Sehingga cara tersebut dapat menghadirkan pembelajaran berbasis multimodalitas.

Sementara itu, Prof. Dr. Pujiati Suyata, M.Pd menyampaikan materi mengenai “Implementasi Penelitian PBSI di Era Edukasi 4.0”. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 4 karakteristik peradaban baru era edukasi 4.0. Karakter tersebut meliputi (1) lebih cepat, (2) praktis, (3) akses lebih mudah, dan (4) hasil baik. Manfaat dari penerapan instrumentasi tersebut yaitu melatih mahasiswa bertindak kreatif, berkomunikasi efektif, dan berkolaborasi secara produktif. Beliau juga berpesan bahwa kunci untuk menjadi pendidik yang luar biasa ada dalam diri kita. Ini tidak hanya membutuhan pengetahuan tetapi juga pemahaman mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh pendidikan di era 4.0.

Acara kuliah umum ini ditutup dengan sarasehan mahasiswa PBSI UNIBBA dan PBSI UAD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *