PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah menjadi tenaga pengajar bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki kualifikasi keilmuan bahasa dan sastra yang mumpuni di bidangnya dengan dibekali kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah adalah memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang utuh dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Hal ini tercermin pada penguasaan dan implementasi terhadap kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) dan Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MPB) dengan penjabaran sebagai berikut :

  1. Menguasai konsep teoretis bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menguasai konsep teori pendidikan dan konsep teoretis perkembangan peserta didik.
  3. Menguasai konsep teoretis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar untuk pengajaran bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Mampu merancang, merencanakan, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi kinerja dan kemajuan belajar siswa dengan menggunakan teknik, alat, dan strategi yang sesuai.
  5. Terampil menggunakan keterampilan bahasa Indonesia.

Kompetensi pendukung lulusan pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dituangkan dalam penguasaan kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). Lulusan diharapkan memiliki keselarasan jasmani dan rohani serta memiliki sikap religius, memiliki wawasan kenegaraan dan nasionalisme yang kuat, serta memiliki pemahaman yang baik terhadap kebudayaan daerah.

Kompetensi lainnya yang dimiliki oleh lulusan sebagai memperkuat kompetensi utama dan kompetensi pendukung lulusan. Sebagai kompetensi lainnya, lulusan lulusan dibekali keterampilan bahasa dan sastra daerah (Sunda), serta keterampilan menggunakan teknologi informasi dan berwirausaha sebagaimana tertuang dalam kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)